Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

UHAMKA Raih Penghargaan LLDIKTI III berkat Kontribusi Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19

UHAMKA Raih Penghargaan LLDIKTI III berkat Kontribusi Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19. JAKARTA,  Universitas  Muhammadiya...

UHAMKA Raih Penghargaan LLDIKTI III berkat Kontribusi Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19.

JAKARTA, Universitas Muhammadiyah Prof .Dr Hamka (UHAMKA) menerima Penghargaan sebagai salah satu kampus dari 54 perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi terhadap perguruan tinggi yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam masa pandemi Covid-19. Penghargaan diserahkan secara daring pada Senin (29/6/2020).
Dalam sambutannya Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam, menyampaikan apresiasi kepada seluruh perguruan tinggi yang secara cepat melakukan adaptasi penyesuaian-penyesuaian di dalam pembelajaran serta melakukan kegiatan-kegiatan penelitian terapan baik yang melibatkan dosen maupun mahasiswa.
Belia mengatakan bahwa selama pandemi, Ditjen Dikti telah bersurat kepada para pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan berbagai adaptasi dan penyesuaian regulasi dalam pelaksanaan pembelajaran serta mendorong perguruan tinggi untuk melakukan inovasi-inovasi dan penelitian terapan yang berkaitan dengan upaya mitigasi pandemi.
“Tidak terbatas pada karya-karya teknologi dan kesehatan, karya-karya ilmu sosial dan ekonomi juga tidak kalah kiprahnya didalam upaya mitigasi pandemi, baik dalam berbagai macam kajian untuk pemulihan ekonomi, sosial maupun berbagai upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi pandemi,” tutur Nizam dalam siaran persnya.
Satu bulan kedepan ini Ditjen Dikti menjelaskan akan menyelenggarakan pelatihan berbasis daring kepada para dosen tidak berbayar dan bersertifikat bagi yang menyelesaikan programnya secara tuntas, kami dorong perguruan tinggi untuk melaksanakan pelatihan tersebut agar para dosen bisa lebih siap memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran yang efisien dan efektif dari sisi biaya. Ia menambahakan saat ini Kementerian merefokuskan anggaran untuk beasiswa guna membantu mahasiswa yang orang tuanya terdampak langsung secara ekonomi dari pandemi.
Menutup sambutannya ia mengapresiasi kiprah dari perguruan tinggi selama tiga bulan kemarin. “Lebih dari seribu inovasi dan invensi yang dihasilkan dari Sabang sampai Merauke serta karya-karya yang lain, publikasi dosen selama masa pandemi meningkat, ini bukti kinerja kita tidak turun justru ini lebih tinggi dibandingkan dengan masa-masa normal, kolaborasi antar perguruan tinggi juga meningkat,” katanya.
Kepala LLDIKTI Wilayah III - Agus Setyo Budi menyampaikan bahwa LLDIKTI Wilayah III telah berkoordinasi dengan 312 mitra Perguruan Tingginya untuk dapat terus melaksanakan penyelenggaraan program dan menjaga mutu pendidikan tinggi walaupun di tengah pandemi serta melakukan monitoring dan evaluasi.
“Banyak bantuan dan kontribusi yang telah dilakukan perguruan tinggi seperti membentuk satgas penanganan covid, relaksasi pembayaran kuliah, dan memberikan bantuan pulsa/kuota internet,” ucapnya.
UHAMKA meraih penghargaan untuk kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19. Penghargaaan terbagi dalam 4 kategori yaitu kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19, kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS dan penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.
Bersamaan dengan itu, LLDIKTI Wilayah III juga dengan resmi meluncurkan buku elektronik yang berisikan kumpulan solusi dan inovasi Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III pada Masa Pandemi Covid-19, dengan judul “Sinergi Perguruan Tinggi Di Tengah Pandemi”.